Mengurangi Biaya Operasional Gudang

Mengurangi Biaya Operasional Gudang

Mengurangi Biaya Operasional Gudang

Mengurangi Biaya Operasional Gudang – Kerap kali menjadi bagian yang mengalami pengurangan dalam jumlah besar-besaran. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah keuntungan dengan cara menekan pengeluaran. Lantas, bagaimana cara mengurangi penggunaan Gudang atau biaya operasional gudang yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan manufaktur? Ketahui 5 tipsnya di bawah ini!

Memotong Biaya Material

Hal pertama yang perusahaan dapat lakukan untuk menekan angka pengeluaran gudang adalah dengan memotong biaya material. Cara ini bisa dilaksanakan dengan mengubah desain produk yang dimiliki menjadi lebih simpel dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dipunya.

Dengan menggunakan desain yang sederhana namun powerful, maka langkah ini akan berdampak pada penggunaan bahan baku yang digunakan. Kemudian, Hindari pula untuk menyisakan limbah produksi sehingga semuanya akan tampil lebih efisien.

Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk mendapatkan desain produk lebih sederhana maka dibutuhkan Keterlibatan karyawan untuk mendesain ulang. Tidak hanya itu, karyawan di divisi lain pun ada baiknya dioptimalkan agar biaya operasional gudang dapat ditekan.

Caranya perusahaan harus mampu mengajak karyawan bekerja cepat demi memastikan pemenuhan kebutuhan konsumen secara tepat waktu. Untuk mencapai hal ini, perusahaan pun wajib memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas kinerja mereka sehingga mampu lebih produktif di sistem atau lingkungan produksi.

Melakukan Kontrol Persediaan Setiap Waktu

Dalam industri manufaktur, semakin lama stok barang disimpan maka semakin besar pula anggaran yang harus dikeluarkan. Maka dari itu, Selalu pastikan manajemen rantai pasokan di bidang penyimpanan memiliki pencatatan yang jelas terhadap persediaan barang yang ada di gudang.

Sayangnya, stok yang berada dalam jangka waktu yang lama membutuhkan perawatan lebih agar tidak membusuk atau terkontaminasi. Hal ini jelas berdampak pada banyaknya biaya seperti biaya pemeliharaan dan asuransi yang harus dikeluarkan.

Memanfaatkan Bantuan Teknologi

Sudah bukan rahasia lagi jika pemanfaatan teknologi akan membantu mengefisienkan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, teknologi mampu mempercepat pembuatan produk sehingga berujung kepada penghematan biaya operasional perusahaan.

Dengan bantuan teknologi, banyak hal dari manajemen rantai produksi yang bisa untuk diotomatisasi sehingga perusahaan juga mampu menghemat biaya operasional dalam jangka panjang. Salah satu pemanfaatan teknologi adalah adanya sistem Enterprises Resource Planning (ERP).

ERP sendiri berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional seperti menganalisis alur kerja, mengidentifikasi hambatan, serta mengotomatisasi seluruh proses kompleks dalam bisnis manufaktur.

Menegosiasi Vendor atau Supplier

Terakhir, perusahaan dapat menghemat biaya operasional gudang dengan meminta pengurangan harga terhadap vendor atau supplier yang berhubungan dengan bisnis yang tengah dijalankan. Yang jelas, pastikan untuk meminta pengurangan harga dengan angka lebih realistis.

Demi mendapatkan pengurangan harga, tidak ada salahnya jika mengajak perusahaan untuk melakukan kerja sama yang saling menguntungkan satu sama lain. Pembayaran tagihan pun ada baiknya dilakukan tepat waktu sehingga perusahaan mendapatkan kepercayaan lebih.

Demikian tadi beberapa tips mengurangi Warehouse Cost yang bisa dicoba. Salah satu gudang yang menawarkan efisiensi pada manajemen rantai pasokan dengan menggunakan teknologi tinggi dapat ditemui di Karawang New Industry City (KNIC).

Posisinya yang strategis di mana lokasinya yang dekat dari jalan tol, LRT Jabodetabek, stasiun kereta, bandar udara, dan pelabuhan. Lokasi strategis ini pun memudahkan pengiriman barang ke mana-mana. Konsep dasar KNIC sendiri merupakan sebuah kota industri yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infratruktur kelas dunia dapat dilihat di kawasan ini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WA : 085218567670