6 Perlengkapan Ini Wajib Ada di Mobil

Perlengkapan Ini Wajib Ada di Mobil

6 Perlengkapan Ini Wajib Ada di Mobil

Jasa Derek – Rutinitas harian yang padat kerap membuat banyak pengguna mobil terpaksa melakukan banyak hal di kendaraan. Sayangnya, padatnya kegiatan juga membuat kondisi mobil kerap diabaikan, sehingga bisa menyebabkan terjadinya gangguan ketika sedang dipakai.

Jika sudah begini, salah satu antisipasi yang bisa dilakukan adalah menyiapkan beragam perlengkapan di dalam mobil. Barang-barang tersebut bukan sekadar membuat pengemudi merasa nyaman, tetapi juga harus bisa dipakai dalam keadaan darurat.

Berikut beberapa perlengkapan yang harus ada di mobil, seperti dikutip dari laman resmi Nissan Motor Indonesia:

Perlengkapan darurat

Saat membeli mobil, biasanya pabrikan mengikutsertakan toolkit standar yang terdiri dari dongkrak, kunci roda, kunci-kunci baut, obeng, hingga alat towing. Perlengkapan tersebut bukan pajangan, tetapi juga membantu dikala keaadan darurat, seperti pecah ban atau keaadaan lainnya.

Jika toolkit standar pabrik dirasa kurang, pemilik juga bisa menambahkan barang-barang lain semisal kabel jumper aki, senter, air aki dan air mineral cadangan, hingga alat tambal dan pompa elektrik (untuk mobil dengan ban tubeless). Dengan adanya peralatan tersebut, meski tidak mampu memperbaiki sendiri pemilik tidak perlu repot mencari alat.

Segitiga pengaman

Pabrikan mobil umumnya telah menyediakan segitiga pengaman bersama dengan toolkit. Jika belum tersedia, sebaiknya pemilik menambahkan alat ini dan pilihlah yang memantulkan sinar agar bisa terlihat oleh pengendara lain.

Perlu diketahui, segitiga pengaman harus diletakkan dalam jarak beberapa meter dari posisi mobil berhenti. Ini untuk menjadi tanda bagi pengemudi mobil lainnya dan menghindari tabrak dari belakang.

Tali derek

Menarik mobil merupakan cara terakhir ketika mobil sudah tidak bisa diperbaiki di lokasi. Jika sudah begini, pemilik baiknya menggunakan tali khusus derek. Namun, jika tidak mau repot cukup menelefon bengkel langganan atau layanan jasa derek mobil.

Kotak P3K

Tidak perlu yang ribet. Pengemudi cukup siapkan kotak P3K sederhana yang berisi perban, plester, cairan antiseptik, gunting, obat khusus, dan barang lain yang dianggap penting. Kotak P3K yang terlalu besar juga tentunya akan membuat bingung dalam memlilih tempat meletakannya.

Karena perlengkapan di kotak P3K hanya dipakai dalam keadaan darurat, perhatikan juga waktu kedaluwarsa dari obat-obatan khusus yang ada di dalamnya. Jangan sampai obat yang dipakai sudah lewat masanya dan bisa menimbulkan efek negatif.

Charger

Tak hanya perlengkapan penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara, alat charger khusus mobil juga perlu disediakan. Berada di dalam mobil selama berjam-jam, bisa dimanfaatkan dengan mengisi ulang gadget dan smartphone. Sehingga saat tiba di tujuan, ponsel sudah bisa kembali difungsikan dengan normal.

CD/USB berisi lagu favorit

Supaya tak terlalu bosan dan tak mati gaya, bawalah koleksi CD atau USB berisi musik favorit. Jika menggunakan USB atau bahkan ponsel, jangan lupa kabel penghubungnya. Mobil-mobil baru saat ini telah dilengkapi fitur control system dan audio steering switch untuk memudahkan saat menikmati lagu kesukaan.(mli) Jasa Derek Mobil

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Jasa Kirim Mobil Terpercaya

X
Chat Kami
Terima Kasih,
Telah berkunjung di rolcas.com
Ada yang bisa kami bantu, Silakan Chat kami disini ?