JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – Kata Surabayasering diartikan secara filosofis sebagai lambang perjuangan antara darat dan air. Selain itu, dari kata Surabaya juga muncul mitos pertempuran antara ikan sura / suro (ikan hiu) dan baya / boyo (buaya), yang menimbulkan dugaan bahwa terbentuknya nama “Surabaya” muncul setelah terjadinya pertempuran tersebut

Asal usul Surabaya
Bukti sejarah menunjukkan bahwa Surabaya sudah ada jauh sebelum zaman kolonial, seperti yang tercantum dalam prasasti Trowulan I, berangka 1358 M. Dalam prasasti tersebut terungkap bahwa Surabaya (Churabhaya) masih berupa desa di tepi sungai Brantas dan juga sebagai salah satu tempat penyeberangan penting sepanjang daerah aliran sungai Brantas. Surabaya juga tercantum dalam pujasastra Kakawin Nagarakretagama yang ditulis oleh Empu Prapañca yang bercerita tentang perjalanan pesiar Raja Hayam Wuruk pada tahun 1365 M dalam pupuh XVII (bait ke-5, baris terakhir).

JASA PENGIRIMAN MOBIL SELONG
JASA PENGIRIMAN MOBIL SUMBAWA
JASA PENGIRIMAN MOBIL SUMBA 
JASA PENGIRIMAN MOBIL SORONG

Walaupun bukti tertulis tertua mencantumkan nama Surabaya berangka tahun 1358 M (Prasasti Trowulan) dan 1365 M (Nagarakretagama), para ahli menduga bahwa wilayah Surabaya sudah ada sebelum tahun-tahun tersebut. Menurut pendapat budayawan Surabaya berkebangsaan Jerman Von Faber, wilayah Surabaya didirikan tahun 1275 M oleh Raja Kertanegara sebagai tempat permukiman baru bagi para prajuritnya yang berhasil menumpas pemberontakan Kemuruhan pada tahun 1270 M. Pendapat yang lainnya mengatakan bahwa Surabaya dahulu merupakan sebuah daerah yang bernama Ujung Galuh.

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – Versi lain menyebutkan, Surabaya berasal dari cerita tentang perkelahian hidup-mati antara Adipati Jayengrono dan Sawunggaling. Konon, setelah mengalahkan pasukan Kekaisaran Mongol utusan Kubilai Khan atau yang dikenal dengan pasukan Tartar, Raden Wijaya mendirikan sebuah keraton di daerah Ujung Galuh dan menempatkan Adipati Jayengrono untuk memimpin daerah itu. Lama-lama karena menguasai ilmu buaya, Jayengrono semakin kuat dan mandiri sehingga mengancam kedaulatan Kerajaan Majapahit. Untuk menaklukkan Jayengrono, maka diutuslah Sawunggaling yang menguasai ilmu sura.

Adu kesaktian dilakukan di pinggir Kali Mas, di wilayah Peneleh. Perkelahian itu berlangsung selama tujuh hari tujuh malam dan berakhir dengan tragis, karena keduanya meninggal setelah kehilangan tenaga.

Nama Śūrabhaya sendiri dikukuhkan sebagai nama resmi pada abad ke-14 oleh penguasa Ujung Galuh, Arya Lêmbu Sora.

Era prakolonial

Lambang kota Surabaya pada masa Hindia Belanda (1931).
Wilayah Surabaya dahulu merupakan gerbang utama untuk memasuki ibu kota Kerajaan Majapahit dari arah lautan, yakni di muara Kali Mas. Bahkan hari jadi kota Surabaya ditetapkan yaitu pada tanggal 31 Mei 1293. Hari itu sebenarnya merupakan hari kemenangan pasukan Majapahit yang dipimpin Raden Wijaya terhadap serangan pasukan Mongol. Pasukan Mongol yang datang dari laut digambarkan sebagai SURA (ikan hiu / berani) dan pasukan Raden Wijaya yang datang dari darat digambarkan sebagai BAYA (buaya / bahaya), jadi secara harfiah diartikan berani menghadapi bahaya yang datang mengancam. Maka hari kemenangan itu diperingati sebagai hari jadi Surabaya.

Pada abad ke-15, Islam mulai menyebar dengan pesat di daerah Surabaya. Salah satu anggota Walisongo, Sunan Ampel, mendirikan masjid dan pesantren di wilayah Ampel. Tahun 1530, Surabaya menjadi bagian dari Kerajaan Demak.

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – Menyusul runtuhnya Demak, Surabaya menjadi sasaran penaklukan Kesultanan Mataram, diserbu Panembahan Senopati tahun 1598, diserang besar-besaran oleh Panembahan Seda ing Krapyak tahun 1610, dan diserang Sultan Agung tahun 1614. Pemblokan aliran Sungai Brantas oleh Sultan Agung akhirnya memaksa Surabaya menyerah. Suatu tulisan VOC tahun 1620 menggambarkan, Surabaya sebagai wilayah yang kaya dan berkuasa. Panjang lingkarannya sekitar 5 mijlen Belanda (sekitar 37 km), dikelilingi kanal dan diperkuat meriam. Tahun tersebut, untuk melawan Mataram, tentaranya sebesar 30.000 prajurit[6].

Tahun 1675, Trunojoyo dari Madura merebut Surabaya, namun akhirnya didepak VOC pada tahun 1677.

Dalam perjanjian antara Pakubuwono II dan VOC pada tanggal 11 November 1743, Surabaya diserahkan penguasaannya kepada VOC. Gedung pusat pemerintahan Karesidenan Surabaya berada di mulut sebelah barat Jembatan Merah. Jembatan inilah yang membatasi permukiman orang Eropa (Europeesche Wijk) waktu itu, yang ada di sebelah barat jembatan dengan tempat permukiman orang Tionghoa; Melayu; Arab; dan sebagainya (Vremde Oosterlingen), yang ada di sebelah timur jembatan tersebut. Hingga tahun 1900-an, pusat kota Surabaya hanya berkisar di sekitar Jembatan Merah saja.

Era kolonial

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – Suasana Jalan Tunjungan sekitar tahun 1930-an.
Pada masa Hindia Belanda, Surabaya berstatus sebagai ibu kota Karesidenan Surabaya, yang wilayahnya juga mencakup daerah yang kini wilayah Kabupaten Gresik; Sidoarjo; Mojokerto; dan Jombang. Pada tahun 1905, Surabaya mendapat status kotamadya (gemeente). Pada tahun 1926, Surabaya ditetapkan sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur. Sejak saat itu Surabaya berkembang menjadi kota modern terbesar kedua di Hindia Belanda setelah Batavia.

Sebelum tahun 1900, pusat kota Surabaya hanya berkisar di sekitar Jembatan Merah saja. Pada tahun 1910, fasilitas pelabuhan modern dibangun di Surabaya, yang kini dikenal dengan nama Pelabuhan Tanjung Perak. Sampai tahun 1920-an, tumbuh permukiman baru seperti daerah Darmo; Gubeng; Sawahan; dan Ketabang.

Tanggal 3 Februari 1942, Jepang menjatuhkan bom di Surabaya. Pada bulan Maret 1942, Jepang berhasil merebut Surabaya. Surabaya kemudian menjadi sasaran serangan udara tentara Sekutu pada tanggal 17 Mei 1944.

Era kemerdekaan
Pertempuran mempertahankan Surabaya
Setelah Perang Dunia II usai, pada 25 Oktober 1945, 6.000 pasukan Inggris-India yaitu Brigade 49, Divisi 23 yang dipimpin Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby mendarat di Surabaya dengan perintah utama melucuti tentara Jepang, tentara dan milisi Indonesia. Mereka juga bertugas mengurus bekas tawanan perang dan memulangkan tentara Jepang. Pasukan Jepang menyerahkan semua senjata mereka, tetapi milisi dan lebih dari 20.000 pasukan Indonesia menolak.

Tentara Britania menembaki ‘sniper’ dalam pertempuran di Surabaya
26 Oktober 1945, tercapai persetujuan antara R.M. Soerjo, Gubernur Jawa Timur dengan Brigjen Mallaby bahwa pasukan Indonesia dan milisi tidak harus menyerahkan senjata mereka. Sayangnya terjadi salah pengertian antara pasukan Inggris di Surabaya dengan markas tentara Inggris di Jakarta yang dipimpin Letnan Jenderal Philip Christison.

27 Oktober 1945, jam 11:00 siang, pesawat Dakota Angkatan Udara Inggris dari Jakarta menjatuhkan selebaran di Surabaya yang memerintahkan semua tentara Indonesia dan milisi untuk menyerahkan senjata. Para pimpinan tentara dan milisi Indonesia menjadi marah ketika membaca selebaran ini dan menganggap Brigjen Mallaby tidak menepati perjanjian pada tanggal 26 Oktober 1945.

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – 28 Oktober 1945, pasukan Indonesia dan milisi menggempur pasukan Inggris di Surabaya. Untuk menghindari kekalahan di Surabaya, Brigjen Mallaby meminta agar Presiden RI Soekarno dan panglima pasukan Inggris Divisi 23, Mayor Jenderal Douglas Cyril Hawthorn untuk pergi ke Surabaya dan mengusahakan perdamaian.

29 Oktober 1945, Presiden Soekarno; Wakil Presiden Mohammad Hatta; dan Menteri Penerangan Amir Syarifuddin bersama Mayjen Hawthorn pergi ke Surabaya untuk berunding.

Pada siang hari, 30 Oktober 1945, dicapai persetujuan yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno dan Panglima Divisi 23 Mayjen Hawthorn. Isi perjanjian tersebut adalah diadakan perhentian tembak menembak dan pasukan Inggris akan ditarik mundur dari Surabaya secepatnya. Mayjen Hawthorn dan para pimpinan RI tersebut meninggalkan Surabaya dan kembali ke Jakarta.

Pada sore hari, 30 Oktober 1945, Brigjen Mallaby berkeliling ke berbagai pos pasukan Inggris di Surabaya untuk memberitahukan soal persetujuan tersebut. Saat mendekati pos pasukan Inggris di gedung Internatio, dekat Jembatan Merah, mobil Brigjen Mallaby dikepung oleh milisi yang sebelumnya telah mengepung gedung Internatio.

Karena mengira komandannya akan diserang oleh milisi, pasukan Inggris kompi D yang dipimpin Mayor Venu K. Gopal melepaskan tembakan ke atas untuk membubarkan para milisi. Para milisi mengira mereka diserang / ditembaki tentara Inggris dari dalam gedung Internatio dan balas menembak. Seorang perwira Inggris, Kapten R.C. Smith melemparkan granat ke arah milisi Indonesia, tetapi meleset dan jatuh tepat di mobil Brigjen Mallaby.

Mobil Brigjen Mallaby yang terbakar di tempat ia terbunuh dalam pertempuran di Surabaya tanggal 30 Oktober 1945.
Granat meledak dan mobil terbakar. Akibatnya Brigjen Mallaby dan sopirnya tewas. Laporan awal yang diberikan pasukan Inggris di Surabaya ke markas besar pasukan Inggris di Jakarta menyebutkan Brigjen Mallaby tewas ditembak oleh milisi Indonesia.

Letjen Philip Christison marah besar mendengar kabar kematian Brigjen Mallaby tersebut dan mengerahkan 24.000 pasukan tambahan untuk menguasai Surabaya.

9 November 1945, Inggris menyebarkan ultimatum agar semua senjata tentara Indonesia dan milisi segera diserahkan ke tentara Inggris, tetapi ultimatum ini tidak diindahkan.

10 November 1945, Inggris mulai membom Surabaya dan perang sengit berlangsung terus menerus selama 10 hari. Dua pesawat Inggris ditembak jatuh pasukan RI dan salah seorang penumpang, Brigadir Jenderal Robert Guy Loder-Symonds terluka parah dan meninggal keesokan harinya.

20 November 1945, Inggris berhasil menguasai Surabaya dengan korban ribuan orang prajurit tewas. Lebih dari 20.000 tentara Indonesia, milisi dan penduduk Surabaya tewas. Seluruh kota Surabaya hancur lebur.

P JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – ertempuran ini merupakan salah satu pertempuran paling berdarah yang dialami pasukan Inggris pada dekade 1940-an. Pertempuran ini menunjukkan kesungguhan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengusir penjajah.

Karena sengitnya pertempuran dan besarnya korban jiwa, setelah pertempuran ini, jumlah pasukan Inggris di Indonesia mulai dikurangi secara bertahap dan digantikan oleh pasukan Belanda. Pertempuran pada tanggal 10 November 1945 tersebut hingga saat ini dikenang dan diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Era pasca-kemerdekaan
JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – Kota yang jalan utamanya dulu hampir berbentuk seperti pita dari jembatan Wonokromo di sebelah Selatan menuju ke Jembatan Merah di sebelah Utara sepanjang kurang lebih 13 km tersebut, di akhir tahun 1980-an mulai berubah total. Pertambahan penduduk dan urbanisasi yang pesat, memaksa Surabaya untuk berkembang ke arah Timur dan Barat seperti yang ada sekarang. Bertambahnya kendaraan bermotor, tumbuhnya industri baru serta menjamurnya perumahan yang dikerjakan oleh perusahaan real estate yang menempati pinggiran kota mengakibatkan tidak saja terjadi kemacetan di tengah kota tapi juga tidak jarang terjadi pula di pinggiran kota. Surabaya telah berkembang jauh dari kota yang relatif kecil dan kumuh di akhir abad ke-19, menjadi kota metropolitan di akhir abad ke-20 dan pada kurun abad ke-21 menjadi salah satu metropolitan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Kota yang pada kurun abad ke-20 dan awal abad ke-21 dipandang panas dan kumuh ini juga berhasil berubah menjadi salah satu kota metropolitan yang paling tertata di Indonesia dengan kualitas udara terbersih.

JASA PENGIRIMAN MOBIL Aman, Cepat, Amanah dan Terpercaya. Mau Kirim Mobil ke seluruh Indonesia, Percayakan pada kami yang sudah berpengalaman 10 tahun lebih

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA –

Sejarah berdirinya Seara bermula dari tujuan membantu kawan-kawan ekspedisi dalam hal forwarding, karena salah satu pendiri seara cukup mempunyai akses di bidang forwarding.

Namun seiring waktu berjalan Seara mengembangkan usahanya dimana tidak lagi hanya menangani order dari teman ekspedisi, tetapi mulai bisa menerima order langsung dari customer dan bisa mandiri sendiri, Seara terbentuk secara legalitas pada 20 oktober 2014 dengan akta notaris Ibu Elok kurniati SH.

Di lihat dari perkembangan alat transportasi di indonesia yang cukup pesat dan perlunya peranan ekspedisi dalam pengiriman kendaraan baik dari daerah maupun keluar daerah kami melihat peluang potensi pasar yang cukup menjanjikan, salah satu pendiri Seara yang selaku komisaris sudah mempunyai pengalaman di bidang forwarding hampir 10 tahun, beliau sudah memahami benar tata cara ekpedisi di indonesia.

Dalam memilih Perusahaan Exspedisi mobil pastikanlah perusahaan tersebut sudah ternama dan terpercaya. Pastikan Perusahaan yang akan anda gunakan Resmi dan sudah terdaftar dengan memiliki Legalitas Perusahaan

VISI

  • Berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dalam menyampaikan amanah dengan aman dan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah disepakati
  • Menjadi perusahaan yang mempunyai daya saing dalam bisnis forwarder & ekspedisi
  • Menjadi perusahaan yang terpercaya dan terdepan dalam memberikan kualitas service yang memuaskan

MISI

  • Meningkatkan mutu perusahaan yang di bangun dengan kreativitas,inovasi dan kompetensi sumber daya manusia
  • Memberikan service/jasa yang prima dengan harga yang kompetitif di bidang jasa ekspedisi (costum clearence & delivery trucking)
  • Mendukung kinerja pelabuhan untuk kelancaran arus barang bongkar muat

Layanan Jasa Pengiriman Mobil Atau Derek Mobil Seara

Jasa Pengiriman Mobil SEARA
Jasa Pengiriman Mobil SEARA

Mobil Towing
Jasa Derek Mobil Atau Jasa Kirim Mobil Menggunakan Mobil Towing, Artinya mobil kesayangan anda di naikan ke Mobil Towing Kami, kemudian kami akan hantarkan mobil ke alamat tujuan

Jasa Derek 24 Jam
Jasa Derek Mobil kami lakukan dengan mobil towing lebih aman dari kerusakan saat mobil anda di derek, karna mobil anda di angkut atau di naikan ke Mobil Towing kami

Car Carrier
Car Carrier adalah salah satu jenis layanan kirim mobil kami, Jasa Kirim Mobil ini lebih murah di bandingkan Jasa Kirim Mobil Lainnya, Karena kami mengangkut atau mengirim mobil bersamaan dengan mobil lainnya dengan menggunakan mobil Car Carrier

Container
Container adalah salah satu jenis layanan pengiriman mobil dari kami, Biasanya layanan ini sering di pergunakan pengiriman mobil antar pulau, karna mobil akan di masukan ke dalam Container, pengiriman ini sangat aman

Kapal Laut
Kapal Laut, Jasa Kirim Mobil dengan Menggunakan Kapal Laut. Pengiriman ini biasanya dipergunakan untuk kirim mobil antar profinsi atau negara menggunakan Kapal Laut

Self Driver
Self Drive adalah jenis layanan pengiriman mobil dengan menggunakan Supir, artinya mobil anda di jalankan oleh supir dari tempat awal ke tempat tujuan anda

Apa Kata Wikipedia Tentang Jasa

JASA PENGIRIMAN MOBIL
JASA PENGIRIMAN MOBIL

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – Dalam ilmu ekonomi, jasa atau layanan adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

Definisi
Banyak ahli yang mendefinisikan “jasa” diantaranya adalah:

  • Phillip Kotler: jasa adalah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa terkait dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.
  • Adrian Payne: jasa adalah aktivitas ekonomi yang mempunyai sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Perubahan daiam kondisi bisa saja muncul dan produksi suatu jasa bisa memiliki atau bisa juga tidak mempunyai kaitan dengan produk fisik.
  • Christian Gronross: jasa adalah proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible yang biasanya(namun tidak harus selalu) terjadi pada interaksi antara pelanggan dan karyawan jasa dan atau sumber daya fisik atau barang dan atau sistem penyedia jasa, yang disediakan sebagai solusi atas masalah pelanggan”. Interaksi antara penyedia jasa dan pelanggan kerapkali terjadi dalam jasa, sekalipun pihak-pihak yang terlibat mungkin tidak menyadarinya. Selain itu, dimungkinkan ada situasi di mana pelanggan sebagai individu tidak berinteraksi langsung dengan perusahaan jasa.

Karakteristik jasa
Seringkali dikatakan bahwa jasa memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari barang atau produk-produk manufaktur. Empat karakteristik yang paling sering dijumpai dalam jasa dan pembeda dari barang pada umumnya adalah (Payne, 2001:9):

  • Tidak berwujud
    Jasa bersifat abstrak dan tidak berwujud, berarti jasa tidak dapat dilihat, dirasakan, dicicipi atau disentuh seperti yang dapat dirasakan dari suatu barang.
  • Heteregonitas
    Jasa merupakan variabel non – standar dan sangat bervariasi. Artinya, karena jasa itu berupa suatu unjuk kerja, maka tidak ada hasil jasa yang sama walaupun dikerjakan oleh satu orang. Hal ini dikarenakan oleh interaksi manusia (karyawan dan konsumen) dengan segala perbedaan harapan dan persepsi yang menyertai interaksi tersebut.
  • Tidak dapat dipisahkan
    Jasa umumnya dihasilkan dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan, dengan partisipasi konsumen dalam proses tersebut. Berarti, konsumen harus berada di tempat jasa yang dimintanya, sehingga konsumen melihat dan bahkan ikut ambil bagian dalam proses produksi tersebut.
  • Tidak tahan lama
    Jasa tidak mungkin disimpan dalam persediaan. Artinya, jasa tidak bisa disimpan, dijual kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada produsen jasa di mana ia membeli jasa.

Bisnis jasa
Contoh dari bisnis jasa yang perkembangannya cukup pesat adalah:

  • Bisnis jasa: konsultan, keuangan, perbankan
  • Perdagangan jasa: eceran, pemeliharaan dan perbaikan
  • Jasa infrastruktur: komunikasi, transportasi
  • Jasa personal/sosial: restoran, perawatan kesehatan
  • Administrasi umum: pendidikan, pemerintah.

Apa Kata Wikipedia Tentang Kargo

JASA PENGIRIMAN MOBIL

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – Kargo (dari bahasa Spanyol: cargo) mengacu kepada barang yang diangkut untuk kepentingan komersial yang umumnya oleh kapal, kereta api, truk atau pesawat terbang. Pada masa sekarang ini peti kemas digunakan untuk transportasi kargo.

Kargo juga dapat mengacu kepada “barang bawaan” atau “bagasi”.

Klasifikasi
Kargo memiliki tiga jenis berdasarkan klasifikasi pengirimannya. Antara lain General Cargo, Special Cargo, dan Dangerous Goods. Khusus untuk spesial kargo terbagi atas beberapa jenis barang di antaranya diplomatic mail, human remain, perishable goods, strongly smelling goods, live animals, dan valuable goods. Setiap jenis kargo memiliki penanganan berbeda dengan mempertimbangkan aspek safety dalam setiap kali penerbangan.

Perbedaan Ekspedisi dan Kargo
Pada dasarnya hampir tidak ada perbedaan antara ekspedisi atau kargo, yaitu memberikan jasa pengiriman dan juga mendistribusikan barang atau paket pada yang berhak menerimanya. Namun yang membedakan keduanya adalah penilaian yang diberikan terutama oleh sebagian masyarakat, yaitu;

Ekspedisi : Pengiriman retail dengan jumlah yang relatif sedikit, dari jumlah. Juga dapat dikatakan ekspedisi regular.
Kargo : Pengiriman dalam jumlah relatif besar, atau pengiriman dengan perlakuan khusus terhadap barang kiriman.

Topografi

UtaraSelat Madura
TimurSelat Madura
SelatanKabupaten Sidoarjo
BaratKabupaten Gresik

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – Surabaya terletak di tepi pantai utara provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara dan timur, Kabupaten Sidoarjo di sebelah selatan, serta Kabupaten Gresik di sebelah barat. Sebagian besar wilayah Surabaya merupakan dataran rendah yaitu 80,72% dengan ketinggian antara -0,5 – 5m SHVP atau 3 – 8 m di atas permukaan laut, sedangkan sisanya merupakan daerah perbukitan yang terletak di wilayah Surabaya Barat (12,77%) dan Surabaya Selatan (6,52%). Di wilayah Surabaya Selatan terdapat 2 bukit landai yaitu di daerah Lidah dan Gayungan yang ketinggiannya antara 25 – 50 m di atas permukaan laut dan di wilayah Surabaya Barat memiliki kontur tanah perbukitan yang bergelombang. Struktur tanah di Surabaya terdiri dari tanah aluvial, hasil endapan sungai dan pantai, dan di bagian barat terdapat perbukitan yang mengandung kapur tinggi. Di Surabaya terdapat muara Kali Mas, yakni satu dari dua pecahan Sungai Brantas. Kali Mas adalah salah satu dari tiga sungai utama yang membelah sebagian wilayah Surabaya bersama dengan Kali Surabaya dan Kali Wonokromo. Areal sawah dan tegalan terdapat di kawasan barat dan selatan kota, sedangkan areal tambak berada di kawasan pesisir timur dan utara.

Kota Surabaya memiliki 31 kecamatan dan 154 kelurahan (dari total 666 kecamatan, 777 kelurahan, dan 7.724 desa di Jawa Timur). Pada tahun 2017, jumlah penduduk 2.827.892 jiwa dan luas wilayah 350,54 km² dan tingkat kepadatan penduduk sebesar 8.067 jiwa/km².

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Surabaya adalah sebagai berikut;

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
35.78.28Asemrowo3AsemrowoGenting KalianakTambak Sarioso
35.78.19Benowo4KandanganRomokalisariSememiTambak Osowilangun
35.78.13Bubutan5Alun-Alun ContongBubutanGundihJeparaTembok Dukuh
35.78.29Bulak4BulakKedungcowekKenjeranSukolilo Baru
35.78.21Dukuh Pakis4Dukuh KupangDukuh PakisGunung SariPradah Kalikendal
35.78.22Gayungan4Dukuh MenanggalGayunganKetintangMenanggal
35.78.07Genteng5Embong KaliasinGentengKapasariKetabangPeneleh
35.78.08Gubeng6AirlanggaBarata JayaGubengKertajayaMojoPucangsewu
35.78.25Gunung Anyar4Gunung AnyarGunung Anyar TambakRungkut MenanggalRungkut Tengah
35.78.23Jambangan4JambanganKarahKebonsariPagesangan
35.78.01Karang Pilang4Karang PilangKebraonKedurusWarugunung
35.78.17Kenjeran4BulakbantengTambakwediTanah KalikedindingSidotopo Wetan
35.78.15Krembangan5DupakKemayoranKrembangan SelatanMorokrembanganPerak Barat
35.78.18Lakarsantri6BangkinganJerukLakarsantriLidah KulonLidah WetanSumur Welut
35.78.26Mulyorejo6Dukuh SutorejoKalijudanKalisariKejawan Putih TambakManyar SabranganMulyorejo
35.78.12Pabean Cantian5BongkaranKrembangan UtaraNyamplunganPerak TimurPerak Utara
35.78.30Pakal4Babat JerawatBenowoPakalSumberejo
35.78.03Rungkut6Kali RungkutKedung BarukMedokan AyuPenjaringan SariRungkut KidulWonorejo
35.78.31Sambikerep4BringinMadeLontarSambikerep
35.78.06Sawahan6Banyu UripKupang KrajanPakisPatemonPutat JayaSawahan
35.78.16Semampir5AmpelPegirianSidotopoUjungWonokusumo
35.78.11Simokerto5KapasanSidodadiSimokertoSimolawangTambakrejo
35.78.09Sukolilo7Gebang PutihKeputihKlampisngasemMedokan SemampirMenur PumpunganNginden JangkunganSemolowaru
35.78.27Sukomanunggal6PutatgedeSimomulyoSimomulyo BaruSonokwijenanSukomanunggalTanjungsari
35.78.10Tambaksari8Dukuh SetroGadingKapas MadyaPacar KembangPacar KelingPlosoRangkahTambaksari
35.78.14Tandes6BalongsariBanjar SugihanKarang PohManukan KulonManukan WetanTandes
35.78.05Tegalsari5Dr. SutomoKedungdoroKeputranTegalsariWonorejo
35.78.24Tenggilis Mejoyo4KendangsariKutisariPanjang JiwoTenggilis Mejoyo
35.78.20Wiyung4BabatanBalasklumprikJajar TunggalWiyung
35.78.02Wonocolo5Bendul MerisiJemur WonosariMargorejoSidosermoSiwalan Kerto
35.78.04Wonokromo6DarmoJagirNgagelNgagelrejoSawunggalingWonokromo

Arsitektur di Surabaya adalah percampuran antara pengaruh kolonial, Asia, Jawa, modern, dan post-modern. Di Surabaya masih banyak dijumpai bangunan peninggalan era kolonial yang masih berdiri kokoh hingga saat ini, seperti Hotel Majapahit (d/h Hotel Oranje) dan Kantor Pos Besar Surabaya. Sebagai sebuah kota yang relatif tua di Indonesia dan Asia Tenggara, kebanyakan bangunan masa kolonial di Surabaya dibangun sekitar kurun abad ke-17 hingga awal abad ke-20. Bangunan-bangunan ini menunjukan gaya Belanda / Eropa pada abad pertengahan.

Sebelum Perang Dunia Kedua, di sekitar pusat kota lama Surabaya terdapat banyak bangunan-bangunan rumah toko, yang kebanyakan bertingkat dua. Rumah-rumah toko ini terinspirasi dari tradisi Eropa dan Tionghoa Peranakan. Walaupun sebagian telah dibongkar untuk pembangunan baru, masih banyak bangunan-bangunan lama yang dipertahankan sebagai cagar budaya dan ikon kota, yakni di sekitar wilayah Jalan Kembang Jepun, Jalan Karet, Jalan Gula, Jalan Slompretan, dan Jalan Rajawali.

Pada masa setelah kemerdekaan Indonesia, pusat perkembangan arsitektur kota Surabaya hanya terpusat di wilayah Jembatan Merah, dan sekitarnya, namun perkembangan globalisasi yang pesat, telah menjadikan perkembangan arsitekur telah merata di seluruh penjuru kota.

JASA PENGIRIMAN MOBIL SURABAYA – Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, bangunan bergaya modern dan post-modern semakin bermunculan di Surabaya. Seiring dengan perkembangan ekonomi, bangunan-bangunan seperti ini terus berkembang di Surabaya hingga sekarang. Pada era 2010-an, Surabaya telah menjadi wilayah bagi bangunan-bangunan tinggi di wilayah Jawa Timur, seperti The Peak Residence dan One Icon Residence (200 meter).

Share this post

Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Jasa Kirim Mobil Terpercaya

X
Chat Kami
Terima Kasih,
Telah berkunjung di rolcas.com
Ada yang bisa kami bantu, Silakan Chat kami disini ?